Rabu, Maret 12, 2008

Internet dan pembelajaran

Website ini dikerjakan oleh 3 anak SD kelas 6, membuat presentasi tentang perkembangan komputer.

Mengapa saya tertarik memposting ini?
Karena banyak contoh pembelajaran yang menggunaakan Internet dengan tidak mengoptimalkan daya pikir (contoh, siswa2 hanya copy paste informasi).
Tapi contoh ini menunjukkan secara jelas tujuan pembelajaran:

  • bagaimana mereka harus melakukan penelitian
  • bagaimana mereka harus berbagi tugas
  • bagaimana mereka harus mengkomunikasikan secara jelas kepada dunia
  • bagaimana mereka harus memberikan sumber-sumber yang ada.

Dengan membaca website mereka [klik di sini], saya begitu mendapatkan imaginasi baru tentang teknologi yang canggih.
Saya berpikiran, wah enak juga ya kalau suatu saat saya tinggal membawa pulpen yang bisa berfungsi ganda:

  • bisa saya arahkan sinarnya ke meja sehingga menyiapkan keyboard buat saya
  • bisa saya arahkan sinarnya ke dinding, untuk berfungsi sebagai monitor komputer atau layar data projector
  • bisa saya pakai nulis dengan cara fleksibel

Loh ini mimpi kali ya??????
Tapi siapa yang tahu?
Mimpi saya yang dulu tentang teknologi, ternyata sudah sebagian terwujud saat ini.
By the way, hal yang lebih utama dari semua itu adalah, bahwa kehidupan ini telah banyak berubah! Kita dihadapkan pada dunia baru, yaitu dunia yang diwarnal oleh sistem digital! Bagaimana kita menghadapi era digital ini? Bagaimana mempersiapkan siswa atau anak kita menghadapi era digital?

copy posted by Sitti Maesuri at 1:45 PM

Tidak ada komentar:

Gambar Thumbnailgambar besar Gambar Thumbnailgambar besar Gambar ThumbnailGambar Thumbnail
FellowEquality.com
Free Web Hosting with Website Builder