Jumat, Agustus 15, 2008

TENTANG TEKNOLOGI WIMAX

Berdasarkan pembagian segmen penggunaan teknologi wireless, WiMAX memang ditujukan untuk penggunaan di segmen Metropolitan Area Networks (MAN). MAN biasanya terdiri dari kumpulan LAN, dan meliputi area dalam radius 50 km. Dari segi segmen penggunaan jelas WiMax ditujukan untuk segmen yang sama dengan teknologi kabel tembaga (contohnya DSL).


Masalah yang sering terjadi pada penggunaan teknologi DSL dalam menyediakan akses broadband ke pengguna biasanya sering disebut sebagai “last-mile problems”, atau masalah rentang jarak terakhir antara rumah atau kantor pengguna dan jaringan penyedia layanan broadband. Yang termasuk masalah last-mile bagi pengguna adalah rendahnya laju data broadband akibat terbaginya bandwidth ke banyak pengguna di jaringan.


Rendahnya laju data juga dapat disebabkan oleh jauhnya jarak antara lokasi pengguna dengan sentra koneksi penyedia layanan. Masalah last-mile ini juga dapat merugikan penyedia layanan karena potensi untuk memperluas cakupan pelanggan terkadang mendapat kendala belum terpasangnya infrastruktur fisik ke lokasi calon pelanggan.


Masalah-masalah last-mile itulah yang coba ditanggulangi dengan kehadiran teknologi WiMax yang nirkabel. WiMax, dikenal dengan standar 802.16, dapat melakukan transfer data dengan kecepatan sekitar 70MBps dalam radius jarak sekitar 30 - 50 km untuk menyediakan akses broadband bagi ribuan pelanggan dari sebuah base station.


Infrastruktur wiMax yang tidak tergantung pada infrastruktur kabel yang sudah ada menjadikannya dapat memberikan akses broadband ke daerah-daerah terpencil seperti pedesaan. WiMax menjadi alternatif paling dekat ketersediaannya dibanding harus menunggu perusahaan telekomunikasi memasang teknologi fiber to the home (FTTH) yang mahal.


WiMax untuk Perangkat Mobile


Standar IEEE 802.16e adalah sebuah amandemen dari spesifikasi dasar IEEE 802.16, dan membidik pasar mobile dengan menambahkan portabilitas dan kemampuan bagi perangkat mobile dengan adapater 802.16e untuk terhubung langsung dengan jaringan WiMax. Standar IEEE 802.16e masih dalam tahap penyusunan, dan diharapkan proses penyelesaiannya dapat berakhir tahun 2006.


Salah satu perkembangan terbaru terkait dengan WiMax mobile adalah kesepakatan yang dicapai oleh Intel dan Nokia pada bulan Juni lalu untuk bekerjasama mendukung pengembangan teknologi WiMax mobile, dan akan saling mendukung agar standarisasi teknologi tersebut dapat segera dirilis.


Dalam butir-butir kesepakatan tersebut, Intel dan Nokia yang sama-sama tergabung dalam WiMax Forum akan bekerjasama dalam masalah-masalah yang berhubungan dengan pengembangan perangkat klien mobile Wimax dan infrastruktur jaringan, serta mempromosikan teknologi tersebut di antara operator dan penyedia layanan. Nokia dan Intel mengusung Wimax mobile sebagai teknologi yang dapat digunakan pada layanan data yang melengkapi jaringan 3G yang sudah ada.


Pengembangan standard untuk WiMAX, Standart untuk WiMAX Mobile or 802.16e standard sudah di ratifikasi oleh IEEE di akhir 2005 . Pekerjaan tentang pendefinisian tentang elemen-elemen untuk penentuan versi pertama standarisasi .Mobile WiMAX produk khususnya menggunakan International broadband spectrum dari frekwensi 3.5 GHz. Mobile WiMAX merupaka kompetior yang paling nyata terhadapt teknologi 3G pada saat ini . Hal ini terjadi karena ketika Korea Selatan menggunakan standart yang compatibel dengan WiMax Mobile yang disebut dengan wireless broadband / Wibro yang kemudian di beri nama Mobile Wimax . Standar ini bagaimanapun juga menggunakan dasar dari formula yang berbeda dari OFDM yang dipilih untuk produk yang pertama kali diluncurkan yaitu 802.16-2004. 802.16-2004 mensuport ke dua formula tersebut . Bagaimapun juga system OFDM256FFT yang dipilih untuk 802.16-2004 standard . WiBro/Mobile WiMAX/Mobile WiMAX menggunakan OFDMA™ technology yang disebut 1K-FFT. Service yang digunakan untuk standarisasi / standar WiBro/Mobile WiMAX/Mobile WiMAX menggunakan range spectrum frekwensi 2.3 GHz spectrum di Korea. Teknologi ini dengan mudah dapat di adaptasikan terhadap spectrum lain yang memiliki lisensi .


Sumber www.infokomputer.com


Tidak ada komentar:

Gambar Thumbnailgambar besar Gambar Thumbnailgambar besar Gambar ThumbnailGambar Thumbnail
FellowEquality.com
Free Web Hosting with Website Builder